Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kami ucapkan selamat datang di forum para Perangkai kata, semoga kita bisa sama-sama belajar menuangkan kata untuk kita rangkai menjadi karya. Bukan sembarang karya, tapi semoga menjelma menjadi karya yang luar biasa demi menggapai ridha-Nya.

Blog ini sekaligus sebagai arsip dari rangkaian kata yang saya posting di sebuah group yang saya kelola di jejaring sosial Facebook. Bagi temen-temen yang belum sempat membaca, disini kami sajikan yang lebih lengkap.

Selamat menikmati sajian ilmu dari kami... saran dan kritik selalu dinanti.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam,
Ibnu Abdul Rochman


Kamis, 07 Januari 2010

Alangkah Indahnya jika Semua Terencana dengan Cermat

Assalamu’alaikum..

Apa kabar sahabat pena, semoga di tahun baru yang bahagia membuat kita semakin semangat mengejar asa, merencanakan selaksa impian yang akan kita raih di masa yang akan datang.

Sahabat… sadarkah kita, bahwa berlalunya waktu, lewatnya tahun hakekatnya adalah berkurangnya jatah umur kita. Apapun yang telah kita capai di tahun lalu, berupa kebaikan, mudah-mudahan mendapat ridha-Nya. Dan segala keburukan dan alfa yang terlanjur kita perbuat, berharap Allah yang Maha Pengampun akan melimpahkan maghfirah-Nya kepada kita semua.

Sahabat yang dirahmati Allah, awal tahun merupakan momentum yang sangat tepat kita merencanakan segala sesuatu, baik impian, keinginan-keinginan yang akan kita capai, minimal satu tahun ke depan. Tentunya kita sadar bahwa hidup tidaklah selamanya. Ada satu titik dimana kita akan menujunya, dan semua orang mau atau tidak mau, siap atau tidak siap pasti sampai kepada titik itu. Itulah kematian yang setiap saat akan datang.

Seyogyanya, kita menyeimbangkan antara amal untuk dunia dan amal untuk bekal kita ke alam keabadian nanti dan segalanya harus kita rencanakan dengan tepat. Alangkah indahnya jika semua terencana dengan cermat. Kita catat rencana kita dalam buku harian, diary atau apapun yang rencana itu bisa kita lihat kapan saja. Mungkin bisa juga dalam satu tahun itu kita bagi dalam dua belas bulan, dari satu bulan kita bagi lagi menjadi empat minggu atau bisa juga kita buat agenda harian. Misalnya, kita akan membaca Alqur’an sehari satu juz, dua juz, atau berapa halaman. Dalam satu hari berapa halaman buku agama yang kita baca. Dalam satu bulan berapa kali khatam Al-Qur’an, berapa buku agama yang selesai kita baca. Bagaimana dengan shalat fardhunya, shalat-shalat sunnahnya, tahajjudnya, semua direncanakan dan di agendakan. Insya Allah dengan begitu semua akan terlaksana dengan seksama asalkan kita istiqamah dalam menjalankannya. Begitupun dengan urusan dunia, yang tentunya sahabat sekalian lebih faham.

Dengan perencanaan yang tepat, semoga akan tercapai lebih cepat serta meraih kebahagiaan dunia dan akherat. Jangan lupa selalu mohon bantuan-Nya, mohon kekuatan dari-Nya, sehingga kita selalu berada dalam kehatan rahmat-Nya.
Baik sahabat, marilah kita berfastabiqul khairat.


^^BERAWAL DARI KATA SEMOGA MENJELMA MENJADI KARYA^^


Wassalamu’alaikum..


Debyan Haji Prastyo/Ibnu Abdul Rochman

Tidak ada komentar: